Cara menggunakan Zune untuk transfer Lagu ke Lumia

         Banyak yang bilang jika gadget Nokia Lumia itu ribet dan ngajak ribut kalau mau transfer Lagu, video atau photo dari PC ke Handphone dan sebaliknya karena lumia memang tidak mendukung mass storage untuk trasfer data lewat kabel USB. Kerumitan ini bukan soal mass storage saja ternyata lumia juga tidak bisa mengirim file lewat bluetooh, download mp3 lewat internet explorer dan ketiadaan file manager semakin membuat pengguna Lumia bingung gimana cara mengisi data multimedia di ponsel ini, apalagi ketiadaan memory card semakin memperparah kegalauan hehe.


img_20130131_143402.jpg

Ponsel lumia beda dengan ponsel kebanyakan yang bisa kirim file dari pc ke HP menggunakan mass storage atau bluetooh. Di lumia anda harus menggunakan zune untuk transfer file baik lagu, video, photo ataupun file office lainnya. Bahkan di zune ini anda bisa mengupgrade software sendiri dengan mudah melalui koneksi yang stabil. Kalau boleh dibilang sih lumia ini agak mirip Iphone untuk masalah transfer data yang menggunakan itunes. Zune ini seperti itunesnya Lumia. Tanpa Zune Lumia sepi kayak kuburan hihi :D
Setelah memahami jika salah satu cara mengisi data dan update software hanya bisa dilakukan lewat zune, maka anda harus install zune dulu agar dengan mudah bisa transfer lagu dari Pc, membuat playlist dan sebagainya. Tapi eitss tunggu dulu, sebelum mendownload dan menginstall zune anda harus memiliki sambungan internet karena proses instalasi akan mendownload pembaruan dan memakan waktu setidaknya 1 jam tergantung koneksi anda di rumah. Berikut cara ringkas pengalaman saya menginstall dan menggunakan zune untuk manager file dari PC ke Lumia 610 saya:
  • Sebelumnya anda harus memiliki aplikasi zune terlebih dahulu. Bisa di unduh secara gratis disini

  • Setelah itu siapkan camilan, kopi atau rokok bagi yang merokok. Untuk koneksi di PC saya menggunakan kartu axis kuota 1.5 GB unlimited Rp. 49 ribu per bulan menggunakan akses HSDPA agar cepet. Untungnya sinyal axis di daerah saya stabil jadi saya pilih GSM ini karena murah dan cepet. Modem yang saya pake Nokia E72 menggunakan bantuan PC suite.

  • Setelah instalasi zune sudah di unduh. Langsung klik dan tunggu sampai zune terinstal dan klik restart windows setelah proses instalasi selesai. Proses instalasi ini agak lama tergantung koneksi internet anda. Saya menggunakan kartu axis HSDPA bisa rampung sekitar Sejam untuk instal dan mendownload pembaruan zune (mungkin sekitar 200 mban).

  • Sambungkan Lumia ke Pc lewat USB dan double klik zune. Minimize player zune dan saat ponsel terdeteksi maka anda akan dikasih pilihan untuk mengupgrade ponsel saat ada 
terdeteksi skip pembaruan.jpg


  • pembaruan. Skip aja sesi ini. 

  • Langkah selanjutnya pergi ke collections untuk copy lagu ke Lumia. setelah itu pilih collection.jpg 



  • Buka explorer dan cari lagu kesukaan anda lalu Ctr + A dan drag ke kolom artis pada zune ini kalau mau secara massal. Kalo di pilih pilih lagunya bisa pake alt + klik lalu drag ke zune. Anda bisa test lagunya di menu player sebelah kanan dan klik play. Jika sudah ter drag semua lagu yang diinginkan ke zune tekan Ctr + A di kolom lagu sebelah kanan trus drag ke icon Nokia Lumia sebelah pojok kiri zune. Proses transfer anda bisa liat di bagian bawah zune. drag lagu di xplorerk artis trus drag ke icon hp.jpg

  • Untuk mengetahui lagu sudah tercopy semuanya atau belum bisa diliat prosesnya di kolom lumia anda. Klik icon ponsel Lumia di pojok kiri zune dan liat prosessnya. Setelah semuanya selesai close zune, cabut kabel USB dan buka lagu di Zune Lumia anda.
Sekarang lumia anda sudah tidak sepi lagi kan. Memang caranya ribet dan bikin ribut. Karena semuanya harus dilakukan di zune. Tanpa zune Lumia hanya bisa buat internetan dan telpon saja. Kalau terbiasa bahkan lebih asyik pake zune karena semuanya terkontrol dengan rapi dan sinergi, dari mengelola playlist, file office kantor, photo, video dan software terbaru yang bisa diperbarui secara instan.


sumber : http://deanmu.wordpress.com/2013/02/01/cara-menggunakan-zune-untuk-transfer-lagu-ke-lumia/

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar...